Senin, 07 Desember 2009

Mudik



Wah....tentunya kata2 mudik sudah tidak asing di telinga kita. Pokoknya kalo sudah menjelang hari raya, terutama lebaran pasti banyak orang yang melakukan kegiatan ini.

Mudik
adalah kegiatan perantau/ pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran.
Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua. Tradisi mudik hanya ada di Indonesia.
Wah,sangat unik sekali yah....
Inilah saatnya orang-orang bersilahturahmi dengan sanak keluarga dan merayakan hari raya secara bersama-sama.
Banyak transportasi yang dapat digunakan untuk mudik, bisa menggunakan bus,kereta, pesawat,kapal laut dll. Tapi tentunya akan padat sekali. Dan bila menggunakan bus atau mobil pribadi, pasti di arah arus mudik akan mengalami kemacetan. Makanya banyak orang yang mudik jauh sebelum hari raya tiba. Tentunya ingin menghindari kepadatan arus mudik.

Berikut gambar kepadatan pada saat mudik menjelang hari raya :








Biasanya bila orang-orang mudik ke daerah asalnya, ibu kota sedikit lebih longgar dari kepadatan yang biasanya.
Walaupun perjalanan mudik yang sangat padat dan melelahkan mereka, namun rasa lelah itu semua terbayar saat mereka sampai di tempat tujuan masing-masing dan bertemu dengan sanak keluarga, tentunya sangat bahagia sekali.

Jangan lupa, sebelum mudik, kita harus menyiapkan segala sesuatunya. Misalnya barang-barang yang harus dibawa, transportasi,obat-obatan,dll.
Selain itu kita juga harus waspada selama kita melakukan perjalanan. Tentunya agar perjalanan mudik terasa nyaman dan lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar