Senin, 07 Desember 2009

Gotong Royong Dalam Masyarakat








Gotong royong merupakan suatu kerjasama dalam melakukan sesuatu pekerjaan secara bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan.

Selain itu gotong royong merupakan ciri khas dan keperibadian bangsa serta merupakan budaya yang telah berakar kuat dalam kehidupan masyarakat.
Dalam Pancasila sila ke 3 yang berbunyikan "Persatuan Indonesia", itu mencerminkan rasa kebersamaan dan gotong royong dalam masyarakat Indonesia. Dengan adanya gotong royong maka hubungan antar masyarakat tentunya akan yerjalin lebih baik.

Kegiatan gotong royong dapat di lakukan di mana saja, misalnya di sekolah, di lingkungan tempat tinggal. di lingkungan kerja, dsb.


Pada waktu dulu tentunya kata-kata gotong royong sangat melekat pada kehidupan masyarakat. Tetapi entah kenapa, saat ini gotong royong sudah jarang terealisasikan dalam kehidupan masyarakat umum, khususnya pada masyarakat perkotaan.
Mungkin karena pengaruh dari budaya luar dan berkembangnya sifat individualisme masyarakat.
Padahal dengan adanya gotong royong segala pekerjaan dapat cepat terselesaikan, dan dapat membangun rasa solidaritas dan kepedulian satu sama lain, entah itu terhadap sesama ataupum lingkungan sekitar. Gotong royong bisa meliputi: gotong royong untuk membersihkan selokan air, gotong royong untuk membangun rumah, gotong royong untuk melakukan suatu acara di lingkungan rumah,dsb.

Berikut contoh-contoh gambar gotong royong di masyarakat :






Harusnya kita sebagai masyarakat Indonesia sadar, bahwa tanpa adanya orang lain hidup kita tidak akan berjalan baik. Oleh sebab itu kita perlu menanamkan kembali rasa kebersamaan terhadap sesama dan mulai mempraktekan kembali gotong royong dalam hidup bermasyarakat.

Bila semua orang sadar akan perlunya kebersamaan dan gotong royong, percayalah bahwa bangsa Indonesia akan bersatu kuat.

Alangkah indahnya jika gambar-gambar di atas dapat kita lihat dan kita laksanakan secara langsung. Pasti hubungan kita dengan sesama dan dengan lingkungan akan menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar