Senin, 30 November 2009

Kehidupan Sosial "Kriminalitas Merebak Di mana-mana"

Saat ini kata kriminalitas tentu sudah tidak asing di telinga kita lagi. Hampir setiap tindakan kriminalitas kita temui di mana-mana.

Kriminalitas atau tindak kriminal segala sesuatu yang melanggar hukum atau sebuah tindak kejahatan. Pelaku kriminalitas disebut seorang kriminal. Biasanya yang dianggap kriminal adalah seorang maling atau pencuri,pembunuh, perampok dan juga teroris.

Selama kesalahan seorang kriminal belum ditetapkan oleh seorang hakim, maka orang ini disebut seorang terdakwa. Sebab ini merupakan asas dasar sebuah negara hukum: seseorang tetap tidak bersalah sebelum kesalahannya terbukti. Pelaku tindak kriminal yang dinyatakan bersalah oleh pengadilan dan harus menjalani hukuman disebut sebagai terpidana atau narapidana.


Tindakan kriminal yang merebak di kalangan masyarakat, tentunya sangat membuat kita sebagai salah satu anggota masyarakat menjadi resah dan khawatir serta tidak nyaman. tindakan tersebut dikarenakan tingkat kehidupan sosial masyarakat yang sangat rendah dan memprihatinkan.


Selain itu banyak faktor yang menyebabkan orang-orang terlibat kriminalitas, misalnya karena desakan ekonomi, moral yang menurun, pengaruh lingkungan, menonton adegan-adegan keras, keterpaksaan, ingin sesuatu yang instan, dsb.


Berikut ini beberapa contoh tempat-tempat yang harus kita waspadai..

http://media.vivanews.com/images/2009/01/06/62463_antri_di_halte_busway.jpg

http://www.mahasiswa.com/new/spaw2/uploads/images/18122008_cooltips_angkot.JPG

Contoh gambar tindakan kriminalitas..

http://1.bp.blogspot.com/_MfNkRdmwC34/Sj-qAj-hkTI/AAAAAAAAAEw/cR9IH_yLt8Q/s320/pickpocket12112006.jpg

Pencopetan


http://www.kalsel.polri.go.id/content/wp-content/uploads/2008/10/rekon-1.jpg

Penganiayaan


Dan masih banyak lagi.....



Kejahatan bukan terjadi karena niat pelaku, tetapi karena juga ada kesempatan...

Oleh sebab itu WASPADALAH...WASPADALAH....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar